March 10, 2015

Singapore, again?!

Maxwell Street

Perjalanan ini telah direncanakan selama 2 minggu bersama dua teman saya yang bekerja di Jakarta dan seorang lagi yang berkuliah di Jogja tapi sedang liburan di Jakarta, mulai dari pencarian anggota sampai diskusi soal jadwal. Sebenarnya saya berdomisili di kota Makassar, hanya saja kebetulan dapat tugas di Jakarta selama beberapa bulan bulan. Kesempatan ini saya pergunakan baik-baik untuk liburan. (Loh! Kok liburan?) Yup!! Harga tiket keluar negeri tergolong lebih murah apabila berangkat dari Jakarta. Lumayan hematlah jika dibandingkan berangkat dari Makassar. Kalo dihitung-hitung bisa mencapai 2.5 jutaan rupiah hanya untuk tiket pesawat saja.

Day 1
Setelah semua persiapan matang dan hari H pun tiba, kami langsung tancap gas ke bandara. Pesawat lepas landas pada pukul 09:00 WIB. Perjalanan dari Jakarta–Singapura sekitar 1 jam 40 menit. Pada pukul 11:40 waktu setempat, sampailah kita di bandara Changi. Di bandara dilakukan pemeriksaan yang sangat ketat. Suasananya agak tegang sih. Tapi kalo
tidak membawa benda tajam atau yang berbahaya lainnya tetap santai aja.
Menuju pusat kota sangat mudah. Kita bisa menggunakan taxi atau MRT. Lebih asyik pakai MRT dan juga lebih murah. Bandara langsung terhubung dengan stasiun MRT. Harga tiket per orang bermacam-macam tergantung jaraknya. Supaya tidak ribet bisa pakai yang paket khusus untuk turis. Namanya STP atau Singpore Tourist Pass berlaku untuk 1-3 hari untuk bisa naik MRT dan SBS transit sepuasnya. Harganya SGD 20 + SGD 10 (deposit, di ambil pada saat mengembalikan kartu) Waktu itu kurs mata uang Rp 9.700 untuk 1 Dollar Singapura. Naik di platform tujuan Tanah Merah untuk transit kemudian lanjut naik di platform yang bertujuan ke Joo Koon. Nah tinggal pilih mau berhenti dimana selanjutnya.

Tips : Untuk lebih mudahnya minta peta rute MRT di petugas loket. Petanya sangat membantu. Jadi tidak bingung lagi kalo mau kemana-mana. Masing-masing koridor ada warna ciri khas masing-masing. Pakai GPS di handphone juga sangat membantu.

Peta jalur MRT

Sebelumnya kami sudah mem-booking hostel yang letaknya di  little India, namanya Kawan Hostel. Sampai di sana sekitar jam 1 siang. Perut keroncongan tetapi harus lanjut jalan kaki sedikit menuju hostel. Pemilik hostel sangat ramah dan lumayan fasih berbahasa indonesia. Kami ditawarkan tiket universal studio dan Garden By The Bay dengan diskon 10%.

Sayangnya kami sudah beli tiket universal studio selagi masih di Jakarta. Kami hanya beli tiket Garden by the bay SGD$ 28 plus diskon 10%. Setelah urusan check-in selesai, kami menyimpan barang dan menuju masjid tuk menunaikan sholat duhur. Alhamdullilah masjid letaknya pas di seberang hostel tempat kami menginap. Habis sholat langsung tancap gas menuju tempat makan terdekat. Dan ternyata cukup sulit mencari tempat makan yang halal. Jalan kaki sambil cari tempat makan sambil liat-liat kiri-kanan. Tanpa sadar kami sudah sampai di bugis Street dan akhirnya menemukan foodcourt. Itupun hanya 3 stan yang menjual makan halal. Tak masalah kalau dalam keadaan lapar apapun itu sikaaat!. Harga makanan rata-rata SGD 3 - SGD 8. Setelah perut terisi, kami langsung menuju Garden by the Bay yang Letaknya di Marina bay. Sangat hijau banyak tumbuh-tumbuhan dan terlihat seperti taman fantasi.  Saya sangat terpesona dengan Supertree Grove. Pertama kami memasuki Cloud Forest, semacam rumah kaca yang besar. Didalamnya bahkan ada air terjun. Banyak jenis-jenis tumbuhan yang dilengkapi dengan nama latin speciesnya. Di dalam guanya ada ruang pertunjukkan mini dan ruang pengetahuan sains yang presentasinya serba digital. Disini kita diajarkan bagaimana hidup berdampingan dengan lingkungan sekitar. Sejenak saya berpikir sangat patut kita sebagai warga Indonesia deberikan kekayaan dan keindahan alam yang begitu melimpah sementara negara lain sangat total untuk mewujudkan taman buatan.

Supertree Grove saat malam hari

Setelah puas memanjakan mata lanjut memasuki Flower Dome. Banyak tanaman dari berbagai Negara dan tanaman2 purba. Tidak terasa hari sudah gelap. Untungya kami sempat melihat pertunjukkan cahaya yang menari2 di Supertree Grove diiringi music  latar yang spektakuler. Garden by the bay sangat bagus untuk wisata edukasi. Saya rasa anak-anak sangat cocok di bawa kesini untuk menamba pengetahuan alamnya.
Di perjalanan pulang kami sempatkan singgah di patung Merlion yang tersohor itu untuk menikmati suasana malam. Dari sini kita bisa menikmati pertunjukkan cahaya Marina by Sand yang letaknya tepat di seberang. Setelah puas kami berjalan kaki menuju Boat Quay untuk malam. Karena sudah lelah dan belum ketemu restoran halal maka terpaksa menu makan malam  kali ini fastfood. Sepertinya informasi tempat makan harus lebih aware sebelum berangkat.

Day 2
Pagi hari setelah sarapan di hostel, pukul 08:00 waktu setempat, kami berjalan kaki menuju stasiun MRT terdekat (stasiun Little India) untuk melanjutkan ke destinasi berikutnya. Karena watunya hanya 3 hari maka kami tidak mau menyia-nyiakan waktu. Sesuai jadwal kami menuju ke Sentosa Island. Naik di flatform tujuan Harbor Front. Kami sampai di pemberhentian akhir yang stasiunnya berada di dalam vivocity mal. langsung saja ke  lantai 3, di situ ada stasiun monorail menuju sentosa island. Tiketnya seharga SGD 4 untuk PP sekali pakai. Terdapat beberapa pemberhentian. Kami turun di pemberhentian universal studio. Ternyata oh ternyata kami datang kepagian. Wahana akan dibuka pada pukul 10:00. Tapi lumayan jg sih jadi kami bisa santai sejenak sambil foto-foto di bola dunia Universal Studio.

Universal Studio

Pas buka ternyata antriannya lumayan panjang juga. Tiketnya berlaku untuk semua wahana sampai puas, bisa berkali-kali yang penting kuat antri. Ada beberapa wahana yang dalam proses maintenance. Termasuk wahana roller coaster. Mungkin lagi apes aja.  Menurut saya wahana yang paling asyik itu yang Transformers the Ride. Kami bahkan rela antri sampai dua kali. Sebaiknya coba semua wahana dulu sebelum mengulangi wahana yang lain karena seharian  saya rasa waktunya tidak cukup. Tidak perlu khawatir kalau perut sudah minta di isi karena terdapat banyak outlet makanan. Letaknya bisa dilihat di peta dan sudah dilengkapi logo halal untuk membantu pengunjung memilih outlet.
Malamnya kami makan malam di city square mall letaknya di little India. Setelah itu kami ke Mustafa centre Untuk mencari oleh-oleh. Disin banya dijual oleh-oleh berupa coklat dan alat-alat elektronik.

Transformers the Ride

Day 3
Sesuai jadwal yang telah disusun, hari ketiga kami mengunjungi Botanical garden. Kali ini kami coba untuk naik bus kota  SBS Transit. Letak haltenya cukup banyak dan strategis disbanding stasiun MRT. Setiap halte telah dilengkapi penjelasan rute dan kode bus. Botanical Garden berupa taman yang luas dilengkapi berbagai jenis tanaman. Ada tanama purba juga tapi cuma replika. Disini banyak warga setempat yang jogging atau sekedar jalan-jalan. Bahkan ada sekelompok orang yang lagi yoga. Kami menghabiskan wakti sekitar setengah hari untuk menjelajahi taman ini. Setelah puas kami mengunjungi Chinatown ddan berfoto-foto di Maxwell St dan sekitar pukul 2 siang kami pergi ke orchard Road. Banyak mall berjejeran yang isinya barang-barang bermerk. Karena gak mampu beli barang bermerk disini kami sekedar jalan-jalan saja sambil menikmati suasana. Pedestriannya cukup luas dan rindang. Sangat nyaman bagi para pejalan kaki dan terdapat banyak bangku taman untuk para pejalan kaki jika ingin beristirahat. Di beberapa spot ada penjual es potong khas Singapura. Harganya SGD 1 untuk satu es potong berbentuk persegi. Rasanya juga bermacam-macam dan antriannya lumayan panjang. Kami juga memasuki beberapa mall untuk mencari oleh-oleh atau sekedar cuci mata.  Setelah puas menikmati suasana Orchard Road, kami mengunjungi clarke Quay dengan menaiki bus kota. Clark Quay merupakan wisata tepi sungai yang banyak terdapat berbagai kios kuliner. Menjelang malam kami bersiap meninggalkan Clarke Quay dan menuju kawasan Bugis Street. Disini banyak terdapat kios-kios yang menjual oleh-oleh. Pada malam hari suasananya sangat ramai. Banyak pelancong seperti kami juga yang sedang mencari oleh-oleh. Tak lupa pula kami memeperpanjang kartu STP di loket stasiun agar bisa di gunakan esok hari.

Botanical Garden

Chinatown

Orchard Road

Clarke Quay

Day  4
Di hari terakhir kami sepakat untuk packing barang masing-masing dipagi hari kemudian dilanjutkan sarapan. kami harus ke bandara sekitar pukul 18:00 karena pesawat yang kami tumpangi untuk kembali ke Jakarta akan berangkat pada pukul 21:25 waktu setempat. untung saja pemilik hostel berbaik hati kepada kami untuk manampung barang bawaan kami di hostel setelah check-out dari hostel. Jadi kami masih bisa menikmati waktu yang tersisa dengan leluasa. Setelah semua anggota rombongan siap, sekitar pukul 8:30 kami berjalan kaki menuju Bugis st untuk membeli oleh-oleh. letaknya cukup dekat dengan hostel tempat kami menginap. Setelah itu kami lanjut ke kampong Arab dengan menyusuri Victoria Street. Ternyata disini cukup banyak tempat makan yang halal dan juga hostel. Suasananya pun lebih tenang dan rindang dibandingkan dengan Litlle India. Mungkin kalau ada kesempatan mengunjungi Singapura saya akan menginap di daerah sekitar sini. Kami menyempatkan untuk menunaikan sholat dzuhur di mesjud Sultan, mesjid yang terkenal dengan kubah emasnya. Letaknya masih di kampung arab.Setelah itu kami pergi ke orchard road kemudian ke mustafa Centre untuk membeli oleh-oleh yang belum sempat terbeli di hari yang lalu. dari Mustafa Centre kami kembali ke hostel untuk mengambil barang-barang kami sekalian berpamitan dengan pemilik hostel. kami masih punya waktu sekitar 2 jam. Maka lanjutlah kami ke Marina Bay Sands untuk menikmati suasana sore hari. Disana kami memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk befoto-foto ria. Sekitar pukul 18:00 kami langsung tancap gas menuju bandara Changi dengan menaiki MRT di stasiun Bayfront. Sesampainya di Changi airport kami ke loket MRT dulu sebelum melakukan check-in untuk mengambil deposit STP sebesar SGD 10. Setelah itu kami menuju ruang tunggu untuk segera meninggalkan singapura dan menuju ke Tanah Air.

Victoria Street

Pelataran Marina Bay Sands

Pemandangan dari pelataran Marina Bay Sands

Rincian bebrapa biaya perjalanan
Tiket pesawat Jakarta-singapore          Rp 124.000,-
Pajakn bandara Soekarno-Hatta           Rp 150.000,-
Tiket pesawat Jakarta-singapore          RP 621.800,- (termasuk pajak bandara Changi)
Hostel 3 hari 4 malam                            Rp 690.000,-
Tiket universal studio                            RP 740.000,- dapat tiket promo 679.000
Tiket garden by the bay                        SGD 28
STP MRT dan SBS Transit 3 hari         SGD 20 + SGD 10 deposit
Perpanjangan STP                                 SGD 10

NB : Kurs 1 SGD = Rp 9.700,-

Featured Post

Trip : Seoul : Korea Sleatan - Part 2

Lanjutan dari cerita perjalanan di part 1 yang rempongnya minta ampun.. cekidot! Naksan Park Day 3 Rencana hari ini kami akan m...